Kamis, 07 November 2013

Android jadi anak emas

CALIFORNIA – Android telah menjadi ‘anak emas’ untuk Microsoft. Bagaimana tidak, laporan terkini menyebutkan bahwa diperkirakan sistem operasi robot hijau itu mendatangkan pemasukan sebesar USD2 miliar atau sekira Rp22 triliun (kurs Rp11.390 per Dollar).

Angka itu terungkap dari catatan yang ditulis oleh analis dari Nomura bernama Rick Sherlund. Tentu saja ini mengagumkan bukan main, sebab hampir Android memiliki margin dalam menebalkan pundi-pundi sang raksasa piranti lunak itu sampai dengan 95 persen.

Keuntungan itu berhasil menutupi pengeluaran besar Microsoft untuk biaya produksi divisi ponsel pintar dan Xbox. Meski demikian, selama beberapa tahun terakhir perusahaan yang berbasis di Redmond, Amerika Serikat (AS) itu memang sengaja menaruh perhatian besar di bidang hiburan dan perangkat mobile.

Sebab, menurutnya kedua divisi itu mendatangkan keuntungan besar. Tak heran, mengapa Microsoft sangat ‘menyayangi’ Android yang patennya membekali Xbox, Windows Phone Mobile, dan tablet Surface.

Disitat T3, Jumat (8/11/2013) menurut Sherlund, hanya Android yang berhasil membuat keuntungan sebesar itu sampai bisa membantu Microsoft untuk menyembunyikan masalah serius yang terjadi di dalam tubuh divisi. Sebab, divisi Xbox dikabarkan telah memakan uang perusahaan sekira USD2-2,5 miliar.

Namun, besarnya biaya dan kerugian dalam jumlah besar itu biasa di dunia konsol game. Terutama, bila menjelang peluncuran konsol terbarunya karena tentu membutuhkan investasi modal yang besar.

Selain itu, tablet Surface juga menelan biaya yang tidak sedikit. Bahkan, Microsoft merugi hingga USD1 miliar karena perangkat tablet itu tidak terjual memenuhi targetnya.

sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/11/08/325/893733/android-jadi-anak-emas-microsoft

analisis : android sedang berkembang pesat kalangan ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar