Kamis, 07 November 2013

NASA TEMUKAN DUA MIKROBA

CALIFORNIA - Ahli mikrobiologi NASA mengumumkan temuan mikroba baru yang ditemukan di ruang pembersihan, NASA. Ruang pembersihan ini terletak di Florida dan Amerika Selatan.

Dilansir Softpedia, Jumat (8/11/2013), temuan ini diklaim sangat menarik sebab spesies atau genus dari mikroba ini belum pernah ditemukan di ruang fasilitas NASA. Mikroba ini tampaknya berasal dari luar angkasa.

Saat mempersiapkan pesawat luar angkasa untuk eksplorasi planet atau misi luar angkasa, insinyur NASA selalu mengobservasi untuk melihat adanya kontaminasi mikroba dari luar Bumi. Probes (pesawat pengamat) dan satelit ditempatkan di ruang pembersih untuk dilakukan 'pencucian' dari kontaminasi luar angkasa.

Kabarnya, meskipun prosedur pembersihan atau sterilisasi telah dilakukan, namun jenis 'terberat' dari mikroorganisme tetap bisa bertahan. Mikroba ini bisa bertahan dalam radiasi ultraviolet, perawatan kimia dan panas yang tinggi.

Ahli mikrobiologi NASA secara  berkala menyeka sudut dan celah ruangan pembersih dalam upaya untuk meneliti semua mikroba yang bertahan. "Kami ingin memiliki pemahaman yang lebih baik dari mikroba ini, karena kemampuan mereka beradaptasi untuk bertahan hidup di ruangan pembersih, mungkin juga memungkinkan mereka bertahan hidup pada pesawat ruang angkasa," jelas peneliti Parag Vaishampayan.

Selama studi di 2007, NASA mengerahkan Phoenix Mars Lander dan menemukan mikroba yang dinamakan Tersicoccus phoenicis. Organisme ditemukan di NASA Kennedy Space Center (KSC) di Florida.

Pendataan mengenai mikroba baru ini juga penting untuk potensi mencari mikroba di planet lain. Ilmuwan masih terus mempelajari mikroba baru serta temuan mikroba lainnya yang mungkin terbawa oleh pesawat luar angkasa

SUMBER : http://techno.okezone.com/read/2013/11/08/56/893712/nasa-temukan-dua-mikroba-baru


Tidak ada komentar:

Posting Komentar